This blog belongs to Seppri

Rabu, 19 November 2008

Pilih Monitor LCD atau CRT?


Masih banyak orang yang bingung yang menanyakan mana yang lebih baik untuk monitor di komputer mereka, CRT atau LCD?So, smga berita ini bisa mambantu temen-temen buat tau informasinya...


Monitor jenis CRT (Cathrode Ray Tube)

Keuntungan utama dari CRT adalah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan jenis LCD.


Kerugiannya adalah anda memerlukan tempat yang lebih besar, CRT lebih berat dan kurang efisien dalam pemakaian listrik.


Monitor Jenis LCD (Liquid Crystal Display)

Jenis ini sebenarnya sama dengan monitor yang terdapat di notebook atau laptop dan bedanya mereka di disian untuk kebutuhan komputer anda (PC desktop).

Keuntungannya adalah anda tidak perlu tempat yang besar untuk menaruh LCD dan bentuknya yang ramping membuat interior kantor anda kelihatan lebih manis tentunya.

Kerugiannya adalah harga yang lebih mahal dibandingkan jenis CRT.


Kesimpulan

Apabila anda memutuskan untuk membeli monitor LCD, pertimbangkan atau cek hal-hal berikut ini:


Cek LCD anda dalam kondisi penerangan dan sudut pandang yang berbeda, biasanya beberapa monitor tidak dapat dilihat dalam kondisi terang atau dalam sudut pandang kanan atau kiri yang terlalu jauh.


Semakin besar LCD yang anda pilih, kemungkinan kehilangan saturasi warna akan semakin besar pula sedangkan pada CRT tidak terjadi.

Apabila anda menyukai permainan atau games yang cepat di komputer maka sebaiknya anda memilih CRT karena LCD mempunyai respon gambar yang cukup lambat.

Pastikan anda tidak mendapatkan "penyakit" yang biasa suka terjadi pada saat anda membeli LCD yaitu dinamakan Dead Pixel. Dead Pixel dapat kita lihat secara kasat mata pada saat layar dalam keadaan kosong (warna hitam) dimana biasanya berupa satu atau beberapa titik berwarna hijau atau mearh.

Walaupun bagi sebagian produsen monitor LCD dianggap wajar, sebaiknya hindari untuk membelinya apabila anda mendapatkan Dead Pixel di monitor yang akan dibeli.


Apabila anda memutuskan untuk membeli monitor CRT, pertimbangkan atau cek hal-hal berikut ini:

Jenis layar CRT ada 2 yaitu non-flat dan flat screen (layar datar) dimana layar datar memberikan atau menampilkan gambar yang lebih baik.

Semoga artikel ini bermanfaat.


posted by -Seppri- at 18.30

4 Comments:

udah dew ... mending sekarang beli LCD daripada CRT soalnya lebih hemat energi. dan lebih stylish. keluar duit lebih mah biasa2 aja. toh btr lagi semua mngkn berpindah ke LCD. jadi sayang kan klo bli CRT. nice post ^^

20 November 2008 pukul 00.17  

nice info men..
baru taw g ttg dead pixel...

tapi..kalo g beli monitor baru..lcd lar..lebih ramping..enak pandang..hemat t4 lagi..ahaha

20 November 2008 pukul 09.04  

yah lbh enak LCD lah biar mahal dikit kan hemat energi.
slain itu model yg LCD jg lbh keren.

23 November 2008 pukul 05.04  

kalo soal gengsi, so.. pasti kita2 pasti pilih LCD. yg ramping n sexy. CRT n LCD hrg paling bertaut ga seberapa jauh. jadi mending pilih LCD aja. tapi kalo untuk koleksi brg2 kuna boleh tu beli CRT tar 10 thn kemudian dipamerin.

25 November 2008 pukul 20.28  

Posting Komentar

<< Home